Media Berita & Psikologi Inspirasi Indonesia untuk Global

Fadil Imran Sampai Gayus Lumbuun Jadi Pembicara dalam Semnas Ke-12 APSIFOR – HIMPSI

102

PSIKODAY.ID, Depok – Asosiasi Psikologi Forensik (APSIFOR) –HIMPSI bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Musyawarah Nasional Ke-5 dan Seminar Ilmiah Nasional dengan tema ” Psikologi dalam Scientific Based Crime Investigation“.

Seminar Ilmiah Nasional ini berlangsung pada hari Jumat di Auditorium Fakultas Psikologi UI, Depok (10/3/23).

Keynote Speaker dalam Seminar Nasional ke-12 APSIFOR ini  adalah Komjen. Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si. yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Putra daerah Sulawesi Selatan ini sejak 27 Maret 2023 menjabat sebagai Kepala Badan
Pemelihara Keamanan POLRI.

Pria kelahiran tanggal 14 Agustus 1968 ini naik pangkat dari Irjen saat menjadi Keynote Speaker Seminar Nasional APSIFOR pada tanggal 10 Maret 2023  menjadi Komjen pada tanggal 27 Maret 2023.

Speakers pada Seminar ini juga mendatangkan empat orang pakar di bidang psikologi dan hukum yaitu Dr. Bagus Takwin, M.Hum., Psikolog (Dekan Fakultas Psikologi UI), Dr. Risa Permanadeli, Psikolog. Prof. Dr. Topane Gayus Lumbuun, S.H., M.H ., dan Prof. Drs. Adrianus E. Meliala, M.Si., M.Sc., Ph.D. (pernah menjabat sebagai komisioner OMBUDSMAN RI).

Seminar Ilmiah Nasional ini di moderatori oleh Pakar Psikologi Politik legendaris yang juga Guru Besar  Fakultas Psikologi UI, Prof. Dr. Hamdi Muluk., Psikolog.

APSIFOR menyelenggarakan Seminar Ilmiah Nasional ke-12 ini dalam rangka Musyawarah Nasional APSIFOR Ke-5. Seminar nasional ini dihadiri oleh Ketua Umum HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia), Dr. Andik Matulessy, M.Si, Psikolog.

Andik Matulessy adalah Ketua Umum HIMPSI periode 2022-2026 yang juga menjadi Dosen di Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya.

Apsifor menunjuk Dr. Naomi Soetikno, M.Pd., Psikolog., sebagai Ketua Panitia dalam rangkaian acara Musyawarah Nasional ke-5 ini. 

Dr. Naomi telah lebih dari 20 tahun melakukan praktik Psikologi Klinis  serta kasus-kasus yang berkaitan dengan Psikologi Forensik. Dr. Naomi juga mengabdikan diri sebagai dosen tetap di Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara.

Munas Ke-5 menjadi sidang organisasi untuk memilih Ketua Umum APSIFOR Periode tahun 2023-2027.

Dalam Munas Ke-5 APSIFOR pada tanggal 10 Maret 2023 , terpilih Nathanael E.J Sumampouw, Ph.D, Psikolog menjadi Ketua APSIFOR- HIMPSI untuk Periode 2023-2027. Pria yang akrab disapa Nael ini juga menjadi Dosen di Fakultas Psikologi UI.

Sebelumnya Ketua Umum APSIFOR periode tahun 2019-2023 dijabat Pakar Psikologi Forensik Dra. Reni Kusumowardhani, M.Psi, Psikolog yang telah menjabat selama dua periode. Reni Kusumowardhani sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua III HIMPSI. (Rfl)

https://vt.tiktok.com/ZS8TvcjCH/

Leave A Reply

Your email address will not be published.