Media Berita & Psikologi Inspirasi Indonesia untuk Global

GA Pujon Bapas Malang Hasilkan 29 kg Sayuran Organik

12

PSIKODAY.ID, Malang – Bapas Malang Kanwil Kemenkumham Jatim terus mengembangkan kegiatan untuk meningkatkan kualitas hidup, kehidupan, dan penghidupan Klien Pemasyarakatan. Salah satu kegiatan yang dikembangkan adalah kegiatan pembimbingan kemandirian melalui sarana Griya Abhipraya (GA) Pujon Bapas Malang.

Salah satu kegiatan yang dikembangkan adalah budidaya sayuran organik. Kegiatan tersebut dipilih mengingat banyak di antara Klien Pemasyarakatan Bapas Malang banyak yang berlatar belakang petani dan pekebun. Selain itu, lokasi serta kondisi geografis GA Pujon Bapas Malang sangat mendukung untuk dikembangkan budidaya sayuran organik. 

Pada bulan ini, Klien Pemasyarakatan menanam sayuran jenis selada, sawi pakcoy, serta labu siam yang keseluruhan dibudidayakan secara organik dan menggunakan pupuk kasgot (bekas maggot) dalam proses budidaya. Kurang lebih, ketiga sayuran tersebut memerlukan waktu 30 hingga 40 hari sejak masa tanam hingga mencapai masa panen.

Kali ini, Klien Pemasyarakatan Bapas Malang yang mengelola kegiatan pertanian GA Pujon Bapas Malang memanen sayuran yang sudah memasuki waktu panen. Kegiatan panen sayuran organik tersebut didampingi oleh Sesari Ningtiyas dan Dyah Putri Puspitasari selaku Pembimbing Kemasyarakatan Pertama Bapas Malang. Kurang lebih sebanyak 29,50 kg sayuran selada, sawi pakcoy, serta labu siam telah dipanen dan memiliki kualitas yang baik.

Hasil panen tersebut kemudian dijual kepada pegawai Bapas Malang, masyarakat, dan pasar tradisional setempat. Untuk keuntungan penjualan diberikan seluruhnya kepada Klien yang mengelola kegiatan pertanian di GA Pujon Bapas Malang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.