Media Berita & Psikologi Inspirasi Indonesia untuk Global

Kapolres Lhokseumawe Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

4

Lhokseumawe-psikoday.id-| – Polres Lhokseumawe menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Lhokseumawe, Kamis (01/06/2023) pagi.

Upacara tersebut dipimpin Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto, S.I.K, komandan Upacara IPTU Gunawan serta diikuti oleh Para Pejabat Utama, Para Perwira, Bintara dan ASN Polres Lhokseumawe.

Pelaksanaan upacara yang bertema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” tersebut
ditandai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila dan Pembacaan Teks UUD 1945.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto, S.I.K membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia, yang menyebutkan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, Ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

Lanjutnya, Keberadaan Pancasila, anjumerupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Para pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila” ungkap Kapolres Lhokseumawe.

Saat ini, sambung Kapolres Lhokseumawe, bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

Tahun depan kita juga akan menghadapi Pesta Demokrasi Serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024. Mengakhiri sambutan ini, Saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-Sama mengaktualisasikan nilai-Nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita.” tegasnya.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, sebut Kapolres Lhokseumawe, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” tutup AKBP Henki Ismanto membacakan amanat Presiden.**(Erlina)

Leave A Reply

Your email address will not be published.