Media Berita & Psikologi Inspirasi Indonesia untuk Global

Lapas Kelas I Malang Ikuti Tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59

4

psikoday.id, LAPAS MALANG – Jum’at (5/5/2023) Kepala Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur dengan Jajaran Petugas dan Staff LAPAS Kelas I Malang merayakan Tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 secara Virtual. Acara tersebut diadakan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap peran serta yang telah diberikan oleh lembaga pemasyarakatan dalam menjalankan tugasnya dalam sistem peradilan di Indonesia yang mengawal dari taham pra-ajudikasi, ajudikasi sampai dengan pasca ajudikasi.

Lapas Kelas I Malang Ikuti Tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59

Tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan pada Rabu (3/5/2023) ini diadakan di Ciputra Artpreneur dan dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, serta perwakilan dari Kepala Daerah dan Mitra Kementerian Hukum dan HAM. Acara tersebut dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM, Wakil Menteri Hukum dan HAM beserta Jajarannya.

Dalam pidato pembukaannya, Menteri Hukum dan HAM mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja lembaga pemasyarakatan dalam melaksanakan tugasnya. Hari Bakti Pemasyarakatan Kemenkumham ke-59 dengan tema “Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI, BerAKHLAK, Indonesia Maju!” bukanlah kegiatan seremonial semata, tapi ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan Arah dan Tujuan Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang – Undang Hukum Pidana.

Lapas Kelas I Malang Ikuti Tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59

Selain itu, acara Tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan ini juga menjadi momentum untuk menghormati para petugas dan pegawai pemasyarakatan serta kepala daerah dan mitra yang telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di dalam lembaga pemasyarakatan. Mereka dianggap sebagai garda terdepan dalam menjalankan tugasnya yang tidak mudah.

Selama acara berlangsung, dilakukan berbagai kegiatan seperti penampilan seni budaya, pemberian penghargaan kepada para petugas pemasyarakatan dan UPT berprestasi, serta pameran produk-produk kerajinan yang dibuat oleh narapidana dalam rangka mendukung program rehabilitasi dan reintegrasi sosial.

Lapas Kelas I Malang Ikuti Tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59

Diharapkan, Tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 ini dapat membangkitkan semangat dan motivasi semua pihak terkait untuk terus meningkatkan kualitas layanan pemasyarakatan di Indonesia. Melalui kerja sama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga pemasyarakatan, diharapkan tujuan pemasyarakatan yang lebih baik dan aman dapat tercapai.

Lapas Kelas I Malang Ikuti Tasyakuran Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

L’SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.