Media Berita & Psikologi Inspirasi Indonesia untuk Global

Perawatan Rutin Senpi Lapas Kelas I Malang Jaga Keamanan dan Ketertiban

8

LAPAS MALANG – Ahad (9/7/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melalui jajaran Petugas Bidang Adminstrasi, Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) melakukan Pemeliharaan dan Perawatan persenjataan api (Senpi).

Perawatan Rutin Senpi Lapas Kelas I Malang Jaga Keamanan dan Ketertiban

Tim Kamtib dengan dibantu Taruna Poltekip yang sedang Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Lapas Kelas I Malang pada Jum’at 7 Juli 2023. Perawatan senjata api secara berkala untuk memastikan kualitas dan kinerja kelengkapan keamanan ini tetap optimal. Hal ini juga merupakan bagian dari kebijakan keselamatan yang berlaku di lembaga pemasyarakatan untuk mencegah gangguan keamanan.

Perawatan Rutin Senpi Lapas Kelas I Malang Jaga Keamanan dan Ketertiban

Dalam melakukan perawatan senjata api, Tim Kamtib Lapas Kelas I Malang juga mematuhi aturan dan prosedur yang berlaku. Perawatan dimulai dengan mengecek bagian luar body senjata api (Senpi). Kemudian dilanjutkan dengan membongkar senjata api untuk memeriksa secara teliti seluruh isi dari komponen-komponen senjata api.

Senjata api (Senpi) adalah Barang Milik Negara (BMN) yang wajib dilakukan perawatan dan pemeliharaan sebagaimana telah di atur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 38 Tahun 2008. Dengan melakukan perawatan rutin, diharapkan senjata api yang digunakan oleh petugas dapat berfungsi dengan baik ketika dibutuhkan, sehingga dapat meningkatkan efektivitas tugas pengawasan dan keamanan di dalam Lapas Kelas I Malang.

Perawatan Rutin Senpi Lapas Kelas I Malang Jaga Keamanan dan Ketertiban

“Perawatan dan pemeliharaan senjata api kami lakukan secara rutin guna menjaga kondisi senjata tetap baik, karena senjata memegang peranan yang sangat penting bagi Petugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas,” tegas Supriyanto, Kabid Kamtib Lapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat.

Perawatan Rutin Senpi Lapas Kelas I Malang Jaga Keamanan dan Ketertiban

Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L’Sima) memiliki jargon APIK (Akuntable, Profesional, Inovatif dan Kreatif).

L’SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.