Media Berita & Psikologi Inspirasi Indonesia untuk Global

Produksi Samiler, Dusun Pohkecik Sukolilo Jadi Destinasi Wisata Malang

Samiler/opak khas Desa Sukolilo 

60

PSIKODAY.ID, Kab. Malang – Siapa yang tak kenal dengan Samiler/opak, yakni kerupuk yang terbuat dari bahan dasar singkong berbentuk bulat dan gurih rasanya.

Singkong mengandung karbohidrat yang tinggi dan merupakan  hasil terbesar masyarakat desa setelah padi dan jagung di Indonesia.

Samiler menjadi Produk unggulan Dusun Pohkecik, Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Yang merupakan ladang ekonomi kreatif berbasis UMKM.

Kerjasama antara pemerintah desa dan masyarakat yang dipimpin oleh Joni Arifin, SH sebagai Kepala Desa Sukolilo.

“Kegiatan masyarakat desa seperti ini patut mendapat apresiasi dari pemerintah desa”, ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Purwoto, S.Sos.M.Si (18/05/2023).

Proses pembuatan kerupuk Samiler melalui beberapa tahap, antara lain pemilihan bahan baku sesuai standar dan mutu, pengupasan kulit singkong, pencucian dan pemarutan bahan baku menggunakan mesin 4 tak agar hasil lebih halus.

Proses selanjutnya mencampur bumbu dan pencetakan adonan menggunakan plastik biru berbentuk lingkaran ukuran 20×30 cm, setelah itu hasil cetakan dikukus selama 10 menit diatas tungku.

Kemudian dijemur dibawah sinar matahari menggunakan alas dari bambu berbentuk persegi panjang. Setelah kering cetakan digoreng dan dipacking dengan plastik.

Dalam wadah plastik kerupuk Samiler dijual dipinggir jalan dan dipasarkan hingga luar kota. (Lutfi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.