PSIKODAY, Malang – Perusahaan Umum Daerah Tirta Kanjuruhan sebagai penyelenggara pelayanan publik dalam penyediaan air minum, secara konsisten terus mengupayakan perbaikan secara berkelanjutan bagi pelayanan kepada masyarakat atau pelanggan.
Berbagai inovasi telah dirancang dan diterapkan untuk mendukung proses bisnis Perusahaan, dan performa pelayanan kepada masyarakat/pelanggan.
Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah untuk mendorong setiap OPD/BUMD memiliki inovasi yang untuk mendukung Indeks Inovasi Daerah sebagaimana yang diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. PP ini merupakan petunjuk pelaksanaan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan praktik-praktik inovatif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Dalam rangka mendukung inovasi daerah dan meningkatkan pelayanan, maka Perumda Tirta Kanjuruhan telah menerapkan SI-ASREG (Sistem Informasi Pemasangan SR Reguler)
Penerapan inovasi SI ASREG bertujuan untuk memperbaiki beberapa kelemahan pada proses pemasangan SR Reguler sebelumnya (manual), diantaranya pengarsipan dokumen yang membutuhkan ruang besar, membutuhkan banyak tenaga kerja dan proses pemasangan memakan waktu lebih dari 1×24 jam.
Selain itu, pembayaran hanya dapat dilakukan di unit pelayanan dan penyajian laporan tidak real-time.
Sistem Informasi Pemasangan SR Reguler (SI-ASREG), diharapkan mampu memberikan solusi terhadap proses pemasangan SR Reguler, terutama untuk kecepatan dan ketepatan layanan, diantaranya pendaftaran dapat dilakukan secara offline di front office atau online melalui website resmi dan aplikasi mobile MyTirtaKanjuruhan.
Terdapat notifikasi untuk pelaksanaan survey dan input data hasil survey melalui aplikasi mobile.
Pemberian kode pembayaran kepada pelanggan, melalui WhatsApp dan dapat membayar tagihan Non-Air melalui e-commerce.
Laporan pelaksanaan pemasangan SR baru diinput melalui aplikasi mobile. Selanjutnya pelaksanaan memverifikasi pemasangan SR, melalui aplikasi.
Manfaat yang diperoleh dari inovasi ini meliputi proses pemasangan SR baru menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, pelanggan dapat melakukan pendaftaran SR reguler dimanapun dan kapanpun.
Pemasangan SR baru reguler maksimal dalam 3×24 jam dan database pelanggan tercatat secara digital dan keamanan data terjaga.
Dengan adanya inovasi ini, Perumda Tirta Kanjuruhan berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung perkembangan perekonomian daerah melalui penyediaan air minum yang berkualitas.
Oleh: Swastyastika