Media Berita & Psikologi Inspirasi Indonesia untuk Global

Desaku Wisatamu !!! Desa Sukolilo Kec. Wajak Kab. Malang Resmi Jadi Desa Wisata

297

PSIKODAY. ID, Kab. Malang – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Purwoto, S.Sos, M.Si meresmikan Desa Sukolilo Kecamatan Wajak, Kab Malang sebagai Desa Wisata (18/5/2023).

Pengukuhan Desa Sukolilo sebagai Desa Wisata ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Dr. Miskat, S.H.,M.H yang merupakan putra daerah Kec. Wajak. 

Rombongan tersebut disambut oleh Camat Wajak, Hendra Tri Tjahjono, S. Sos., M. Si beserta Istri dan Kepala Desa Sukolilo Kecamatan Wajak, Joni Arifin,SH.

Kegiatan peresmian tersebut disusun dalam beberapa rangkaian acara yang disebut “Jelajah Desa”.

Rombongan Jelajah Desa diajak mengendarai Wacito (Wajak City Tour) yaitu kendaraan modifikasi menyerupai bis Tayo saat berkunjung ke berbagai lokasi.

Rangkaian acara dimulai dari persiapan di Balai Desa Sukolilo Kecamatan Wajak Kabupaten Malang Jawa Timur. Selanjutnya Grand Launching river Tubing Kali Patuk. 

Setelah Grand Launching, rombongan mengikuti acara Penyambutan dan pagelaran seni Tari Ganong dan Beskalan di rumah Kepala Desa Sukolilo, Joni Arifin S.H.

Berturut-turut rombongan mengunjungi Sentra pembuatan kerupuk Bawang di Dusun Napel, Sentra pembuatan gerit instan, Tempat produksi Songkok Panah Emas, Sentra Budidaya Rumput, Sentra Samiler(kerupuk Opak) dan diakhiri dengan ramah tamah dan penyambutan di Taman Wisata Gentong Mas.

Momen ini disertai sertifikat tanah gratis bagi para petani minapolitan. Dimana Desa Sukolilo menjadi sentra utama Minapolitan di Kabupaten Malang. Minapolitan merupakan budidaya ikan yang dilakukan di Sawah bersamaan dengan penanaman padi.(Gwen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.