Media Berita & Psikologi Inspirasi Indonesia untuk Global

HIMPSI, UIN Jakarta, dan Apsimar bahas Psikologi Kemaritiman dalam Seminar Nasional Poros Maritim Dunia Menuju Indonesia Emas 2045

12

Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Asosiasi Psikologi Maritim (Apsimar) menyelenggarakan Seminar Nasional Psikologi Kemaritiman sesi harmoni “Poros Maritim Dunia Menuju Indonesia Emas 2045” di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta pada Senin, 20 Mei 2024. Seminar nasional psikologi kemaritiman dibuka oleh Rektor UIN Jakarta yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta Prof. Dr. Ahmad Tholabi, S.Ag., S.H., M.H., M.A. Seminar nasional diikuti oleh civitas akademika UIN Jakarta, praktisi psikologi, TNI-Polri, dan undangan dari berbagai latar belakang keilmuan yang berbeda baik secara luring maupun daring. Seminar nasional dibagi menjadi tiga sesi yakni diskusi panel, penyampaian materi oleh narasumber dan penyampaian materi oleh keynote speaker sebagai penutup.

Sesi pertama berupa diskusi panel dengan tema “Indonesia sebagai Poros Maritim Duinia: Peluang dan Tantangan dalam Perspektif Psikologi”.  Narasumber pada sesi diskusi panel antara lain Ketum PP HIMPSI Dr. Andik Matulessy, M.Si., Psikolog., Ketua Apsimar Laksamana Muda TNI Dr. Wiwin D. Handayani, M.Si., Psikolog., dan Guru Besar Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Bambang Suryadi, Ph.D.

Sesi selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut (Aspotmar Kasal) Mayor Jenderal TNI (Mar) Dr. Hermanto, S.E., M.M., CSBA., CTMP. dengan tema “Potensi Maritim dalam Perspektif Pertahanan Laut”. Aspotmar Kasal menyampaikan pentingnya potensi maritim dalam mendukung ketahanan laut Indonesia dimana negara kita menjadi jalur pelayaran internasional dan berbatasan langsug dengan 10 negara.

Seminar nasional psikologi kemaritiman menghadirkan keynote speaker Menteri Kelautan dan Perikanan Ir. Sakti Waktu Trenggono, M.M. yang diwakili oleh Plt. Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan KKP, Yayan Hikmayani, S.Pi., M.Si. dengan tema “Ekonomi Biru untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia Menuju Indonesia Emas 2045” sebagai sesi penutup.

Selain sesi harmoni secara luring, akan diselenggarakan Seminar Nasional Psikologi Kemaritiman sesi inovasi secara daring pada tanggal 25 Mei 2024. Sesi inovasi akan membahas tema best practice pengelolaan well being SDM kemaritiman di tempat kerja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.