Media Berita & Psikologi Inspirasi Indonesia untuk Global

Lokakarya Nasional, Kabapas Malang Kenalkan Program “Mawas MBOIS”

20

PSIKODAY.ID, Surabaya – Kepala Bapas (Kabapas) Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur berbagi pengalaman membimbing Klien Tindak Pidana Terorisme dalam kegiatan Lokakarya Nasional “Penguatan Peran Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Reintegrasi Sosial Klien Pemasyarakatan Tindak Pidana Terorisme” pada Kamis-Jumat, 14-17 Maret 2023.

Dalam kegiatan lokakarya yang diselenggarakan oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) dengan didukung oleh Pemerintah Inggris ini, Kabapas Malang mengenalkan program “Mawas MBOIS” yang dilakukan Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Malang selama membimbing Klien Tindak Pidana Terorisme.

“Melalui Mawas MBOIS, kami berfokus pada empat aspek utama, yakni meningkatkan kapasitas pribadi, memulihkan hubungan keluarga, meningkatkan kapasitas kemandirian ekonomi, dan memulihkan hubungan dengan masyarakat dan lingkungan secara umum,” tutur Kabapas Malang, Sugandi.

Lebih lanjut, Sugandi menyampaikan bahwa implementasi Mawas MBOIS memberikan respon positif Klien terhadap pembimbingan yang dilakukan.

“Dari delapan Klien Tindak Pidana Terorisme yang ada di bawah bimbingan kami, tujuh diantaranya saat ini menjalani program Bimbingan Lanjut (Binjut). Artinya, kami memberikan pembimbingan yang dirasakan manfaatnya bagi Klien, sehingga Klien yang sedianya memasuki masa pengakhiran Pembebasan Bersyarat, menginginkan untuk melanjutkan kembali pembimbingan melalui Bimbingan Lanjut,” ujar Sugandi.

Sebagai informasi, kegiatan ini turut dihadiri oleh jajaran Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak, Direktorat Teknologi Informasi dan Kerjasama, serta 20 Kepala Bapas dari berbagai wilayah di Indonesia. (Hum)

Leave A Reply

Your email address will not be published.